Cara Agar Asi Keluar Banyak

Cara Agar Asi Keluar Banyak : Semua wanita yang baru melahirkan, pastinya berharap Agar Asi Keluar Banyak. Pasalnya ASI adalah makanan dan asupan nutrisi terbaik untuk bayi yang memang sudah seharusnya tidak boleh tergantikan minimal 6 bulan setelah bayi dilahirkan. ASI sangat bermanfaat karena mampu menjadi antibodi alami untuk bayi sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Di lain sisi, ASI juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi seperti lemak, vitamin, karbohidrat, mineral dan protein. Yang menjadi masalah adalah ada sebagian ibu yang tidak memiliki ASI yang mencukupi bahkan dikategorikan kurang. Padahal bayi membutuhkan ASI yang melimpah sebagai sumber utama asupan makanannya. Oleh karena itu, ibu hamil harusnya sudah mempersiapkan sejak awal supaya ASI bisa lancar dan keluar banyak. Sejak hamil, sang ibu harus berniat dan berkomitmen untuk memberikan bayi ASI eksklusif. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar ASI dapat keluar banyak.

Cara Agar Asi Keluar Banyak

 

  1. Teknik Menyusui yang Benar

Tips Agar Asi Keluar Banyakadalah bunda harus memberikan ASI nya dengan benar. Hal ini dikarenakan produksi ASI bisa maksimal jika bunda melakukan teknik menyusui bayi dengan benar.  Banyak orang yang beranggapan bahwa saat menyusui, puting harus ditekan agar ASI yang keluar banyak. Padahal teknik tersebut tidaklah perlu.

Bunda hanya perlu mengusahakan agar sebagian besar kalang pada payudara bisa masuk ke dalam mulut bayi. Dengan begitu, puting  akan berada tepat di bawah langit-langit sehingga lidah bayi bisa menekan ASI keluar lebih banyak. Perlu bunda ketahui bahwa biasanya, ASI akan habis sesudah disusukan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 2 jam berlalu, payudara akan dipenuhi oleh susu kembali. Selama menyusui, bunda harus menggantinya yakni payudara kanan dan kiri.

  1. Jangan berikan bayi susu formula
  Cara Agar ASI Keluar lancar Banyak dan Berkualitas

Cara Agar Asi Keluar Banyak selanjutnya adalah bunda usahakan semaksimal mungkin agar bayi tidak diberikan susu formula selama 6 bulan pertama kalahirannya. Sebab susu formula bisa membuat bayi merasa cepat kenyang sehingga konsumsi ASI bunda akan berkurang. Secara otmatis, isapan bayi juga akan berkurang dan ASI yang keluar akan semakin sedikit. Isapan bayi sangat berdampak pada kelancaran ASI. Dimana isapan tersebut dapat merangsang produksi hormon oksitosin dan hormon prolaktin yang berguna untuk memproduksi dan mengeluarkan ASI. Supaya ASI bisa keluar banyak, cobalah untuk melakukan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini untuk merangsang kelancaran payudara memproduksi ASI.

  1. Jangan memberikan bayiempeng atau dot

Umumnya, para ibu memberikan dot atau empeng pada bayi agar mereka diam dan tidak menangis. Padahal dengan pemberian dot tersebut, bayi akan terbiasa dan menyebabkan adanya penolakan saat bunda berikan ASI. Padahal empeng atau dot tidak bisa disamakan dengan fungsi payudara ibu, sehingga sebaiknya bunda hindari penggunaan empeng atau dot pada bayi.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Cara Agar Asi Keluar Banyakselanjutnya adalah bunda usahakan agar selalu mengkonsumsi makanan yang berigizi. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, status gizi ibu sangat memengaruhi berhasil atau tidaknya usaha ibu dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya selama 6 bulan. Apabila bunda kekurangan gizi ketika melahirkan dan kekurangan energi saat menyusui, maka akibatnya adalah lemak cadangan bunda untuk menghasilkan ASI akan minim dan tidak mencukupi kebutuhan bayi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi sempurna. Bukan hanya ketika sedang hamil, tapi juga sesudah melahirkan agar ASI yang keluar berkualitas dan banyak.

Tips Bagi Para Wanita Karir Agar Asi Keluar Banyak

Agar Asi Keluar Banyakpada intinya bunda tidak boleh stress. Bunda harus bisa rileks supaya bisa menghasilkan hormon oksitosin sehingga dapat merangsang ASI berproduksi. Bagi wanita yang memang di rumah, memberikan ASI kepada bayi tentunya bukanlah masalah. Lantas, bagaimana untuk wanita yang bekerja? Haruskah ASI eksklusif anak terabaikan? Jawabannya tentu tidak. Bunda tetap bisa memberikan ASI berkualitas untuk bayi meskipun berkerja. Caranya, bunda bisa menyiapkan peralatan khusus untuk memompa ASI untuk kemudian menyimpannya dalam kulkas.

  Tips Cara Memperbanyak Air ASI dengan Mudah

Dalam hal ini, bunda harus percaya diri serta yakin dapat memberikan ASI eksklusif kepada anak. Rasa percaya diri ini tentunya akan membuat bunda lebih nyaman sehingga hormon oksitosin dapat meningkat. Selain peran bunda, kesuksesan pemberian ASI pada bayi juga tidak luput dari peran dan dukungan suami, tenaga kesehatan dan juga keluarga.

Hal ini dikarenakan lingkungan memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga perasaan dan pikiran bunda agar bisa tetap rileks dan fokus memberikan ASI berkualitas baik pada anak.Jika ASI tidak bisa keluar banyak meskipun sudah melakukan berbagai usaha, maka sangat dianjurkan untuk bunda berkonsultasi pada bidang atau dokter kandungan. Biasanya, Agar Asi Keluar Banyakbunda akan diberikan obat khusus yang memiliki kandungan galaktogogen, daun katuk dan lain sebagainya yang mampu meningkatkan produksi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *