Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan

Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan : Mempunyai bayi adalah suatu anugrah yang sangat mmebahagiakan. Apalagi bagi orang tua yang memang sudah cukup lama menginginkan kehadiran bayi. Umumnya, ibu yang baru melahirkan mengalami masalah ASI yang kurang lancar. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang terutama ibu muda yang ingin mengetahui Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas terkait cara yang bisa dilakukan agar ASI bida keluar banyak sesudah melahirkan.

8 Cara Agar ASI Keluar Banyak Setelah Melahirkan

  1. Menyusui dengan teratur 2 jam sekali

Supaya ASI yang dihasilkan banyak, bunda harus lebih sering memberikan susu pada bayi. Sebaiknya, berikan susu ibu secara teratur sebanyak 2 jam sekali agar payudara bisa terangsang untuk selalu memproduksi ASI. Sebagian ibu beranggapan bahwa menyusui terlalu sering akan membuat ASI semakin cepat habis. Persepsi ini salah karena justru, jika bunda mengosongkan payudara maka tubuh akan terangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI.

  1. Menghindari alkohol dan rokok

Rokok dan alkohol adalah dua benda yang tidak boleh bunda dekati, baik saat hamil maupun setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan alkohol dan rokok akan menyebabkan kualitas ASI menjadi buruk sehingga bayi akan terganggu kebutuhan nutrisinya.

  1. Pijat payudara

Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkanselanjutnya adalah memijat payudara secara rutin. Pijatan ini bisa dilakukan setiap malam atau pagi saat ingin menyusui bayi .

  1. Posisi bayi saat menyusui

Tahukan bunda kalau ternyata, posisi bayi ketika menyusui sangat mempengaruhi produksi Asi. Posisi yang tidak pas seringkali membuat ASI tidak bisa keluar secara maksimal. Agar ASI bisa keluar dengan lancar, posisikan puting agar bisa masuk ke dalam mulut bayi secara keseluruhan agar ASI bisa dipompa lebih banyak lagi. Selain itu, bunda harus membuat bayi nyaman dengan posisinya menyusui sehingga bayi bisa lebih bersemangat dan senang menyusu.

  1. Nutrisi yang terpenuhi
  Cara Memperbanyak ASI Setelah Caesar

Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkanyang perlu bunda lakukan selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sebab tubuh yang sehat akan menghasilkan ASI yang sehat dan bernutrisi juga. Pilihlah makanan yang bergizi selama bunda menyusui. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secara teratur.

  1. Mengompres payudara

Pada sebagian wanita, payudara akan membengkak pada masa-masa menyusui. Hal ini dikarenakan ASI yang tidak lancar. Untuk mengantisipasinya, bunda bisa mengompres payudara menggunakan air hangat. Dan ternyata selain bisa mengurangi pembengkakan, air hangat juga bisa merangsang produksi ASI agar bisa keluar banyak.

  1. Memberikan rangsangan pada puting

Seperti yang diketahui, puting susu sangatlah sensitif terhadap rangsangan. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pijatan halus agar tubuh dapat merangsang hormon oksitosin yang sangat berguna untuk menghasilkan ASI.

  1. Kontak kulit dengan bayi

Saat bunda melakukan kontak kulit secara langsung dengan bayi, tubuh akan terangsang untuk mengeluarkan ASI. Melakukan kontak atau sentuhan pada kulit bayi mampu merangsang kelenjar susu sehingga produksi ASI melimpah.

 

Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan dari Segi Psikologis

Selain mengikuti cara-cara di atas, tahukah bunda bahwa Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan juga berkaitan erat dengan kondisi psikologis? Jika bunda benar-benar berkeinginan untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi, maka hal yang harus dilakukan adalah jangan stress. Sebab stress bisa menyebabkan produksi ASI semakin sedikit.

Jangan memikirkan banyak hal yang membuat beban dalam pikiran bunda. Lakukan hal-hal menyenangkan dan menenangkan agar pikiran lebih rileks dan bahagia. Salah satunya adalah melihat tumbuh kembang bayi yang menggemaskan. Selain itu, bunda juga harus bisa mengontrol emosi. Sebab emosi pada Ibu yang tengah menyusui sangat mempengaruhi kualitas ASI. Tentunya, bunda ingin memberikan yang terbaik kepada buah hati bukan?

  Inilah Cara Memperbanyak Asi Alami

Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkandari segi psikologis adalah cobalah membangun hubungan dan perasaan mendalam dengan buah hati. Pada sebagian wanita, mereka menganggap mengurus bayi adalah suatu hal yang merepotkan. Pandangan tersebut tentu saja membuat hubungan antara sang buah hati dan ibunya menjadi terganggu.

Padahal ikatan yang terjalin antara ibu dan anak sangatlah luar biasa. Saat bunda begitu mencintai buah hati, maka tubuh secara naluri akan merangsang produksi ASI. Maka wajar saja jika pendekatan dengan bayi sangat bermanfaat untuk menstimulasi keluarnya ASI. Untuk melakukan pendekatan, cobalah mencium bayi, memberinya pelukan hangat dan mendengarkan suara tangisannya yang indah.

Tak hanya itu, bunda juga bisa menstimulasi ASI menggunakan teknik Hypnobreastfeeding. Sekedar informasi Hypnobreastfeeding merupakan teknik stimulasi yang untuk mengeluarkan ASI. Caranya adalah dengan membayangkan seolah-olah air susu keluar dengan banyak dan deras.

Cara ini bisa memotivasi bunda pada pikiran bawah sadar sehingga ASI akan mudah keluar. Kenyataannya, banyak ibu menyusui yang berhasil menghasilkan ASI menggunakan teknik ini. Sekian ulasan mengenai Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan. Dengan adanya informasi ini, semoga menambah wawasan bunda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *