Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak Asupan ASI yang Bunda Perlu Tahu

May 27, 2017

Berbagai Keuntungan Cara Memperbanyak Asupan ASI yang Bunda Perlu Tahu

Asupan ASI yang cukup bagi bayi sangat penting sehingga bunda harus selalu mengusahakan bahwa air ASI cukup. Namun, terkadang yang menjadi masalah bunda yaitu tidak lancarnya air ASI. Hal tersebut sering dialami oleh bunda baru karena belum memiliki banyak pengalaman terkait laktasi. Berbagai cara memperbanyak asupan ASI yang bunda perlu tahu mulai dari teknik pemijatan, mengatur pola makan sehat, pergi ke dokter sampai pengobatan secara alami. Berdasarkan berbagai cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Semua tergantung bunda lebih memilih cara yang nyaman. Ada berbagai hal yang perlu diketahui terkait aktivitas laktasi bunda agar lancar.

Banyak hal yang perlu diketahui dan diperhatikan bunda saat masa laktasi sehingga air ASI selalu mencukupi kebutuhan si bayi. Berbagai hal yang harus diketahui bunda saat laktasi sebagai cara memperbanyak asupan ASI untuk menghindari kurangnya asupan gizi si bayi.  Berbagai hal yang harus diketahui bunda yang sedang mengalami masa menyusui meliputi posisi tidur yang tidak tertelungkup, menghindari makanan bersoda dan berkafein, tidak memberikan empeng pada bayi ketika bunda kerja, tidak mengonsumsi obat-obatan yang dapat mempengaruhi produksi air ASI, tidak merokok maupun di samping perokok aktif, dll. Selain itu., bunda perlu banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Cara Memperbanyak Asupan  ASI dengan Teknik Mudah

Berbagai cara memperbanyak asupan ASI bunda menyusui yang mudah. Bunda yang peduli pada kesehatan bayi pastinya lebih menjaga kesehatan baik meliputi berkaitan dengan teknik laktasi. Laktasi yang benar dan normal sangat didambakan oleh bunda karena nutrisi si bayi bisa terpenuhi dengan baik.Adapun berbagai cara memperbanyak asupan ASI dengan teknik mudah dan aman seperti berikut ini.

  1. Teknik Pemijatan untuk Laktasi
  Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan

Bagi seorang bunda yang baru melahirkan si bayi pasti ASI belum bisa keluar dengan lancar. Bunda yang masih baru pastinya belum memiliki banyak ilmu tentang teknik laktasi agar air ASI banyak ( baca : Cara Memperbanyak Air Asi Setelah Melahirkan ). Perlu bunda tahu berbagai ilmu tentang laktasi sebelum memiliki anak agar dalam proses laktasi sudah dapat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan laktasi. Ada teknik pemijatan untuk bunda yang baru melahirkan untuk memperlancar air ASI. Adapun teknik pemijatan pada payudara meliputi memijat pada bagian putting ke arah dalam dan keluar, teknik pemijatan diareola dengan memijat kearah atas dan bawah, dan memijat payudara memutar yang searah dengan putaran jarum jam.Sebaiknya buynda lakukan pada setiap pagi dan malam hari sehingga memperlancar aupan ASI.

  1. Memperbanyak menyusui Bayi

Salah satu cara memperbanyak asupan air susu ibu yaitu dengan memperbanyak menyusui bayi. Semakin sering bunda menyusui si bayi maka hormone prolaktin akan semakin banyak memperoduksi air ASI. Dengan demikian, sering-seringlah bunda menyusui bayi untuk merangsang hormone prolaktin.

  1. Memerah ASI untuk Bayi Karena Sibuk Kerja

Bagi bunda yang memiliki pekerjaan di luar rumah sebaiknya selalu memberikan ASI yang cukup pada bayi. Selain itu, bunda yang menginginkan air ASI banyak sebaiknya selalu memerah ASI setiap 3 jam sekali. Karena dengan sering air ASI dikeluarkan maka produksi ASI akan meningkat.

  1. Menghindari Merokok dan Minuman Berkafein

Sudah banyak yang mengetahui bahwa merokok merupakan aktivitas yang dapat mempengaruhi kesehatan.Begitu banyak senyawa yang terkandung di dalam sebuah batang rokok. Rokok banyak mengandung nikotin, dan kafein sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan sel dan otak. Selain itu, sebaiknya menghindari minuman berkafein agar hormone prolaktin dapat berfungsi dengan baik.Hal tersebut sangat perlu dihindari agar produksi air ASI banyak.

  Cara Memperbanyak ASI Setelah Caesar

Keuntungan Cara Memperbanyak Asupan ASI

Bunda perlu tahu berbagai keuntungan Cara Agar Asi Banyak agar bunda selalu memperhatikan pentingnya masa laktasi. Apabila bunda mengetahui keuntungan tersebut maka bunda lebih memprioritaskan kualitas ASI untuk si buah hati.Adapun keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mendekatkan psikologis bunda dan bayi

Masa laktasi merupakan proses mendekatkan psikologi bunda dengan buah hati. Buah hati lebih nyaman digendongan bunda sambil menyusu ASI bunda.

  1. Menghemat Biaya

Bunda dengan memperbanyak produksi air ASI maka akan menghindari bunda untuk membeli susu formula sebagai nutrisi pendamping.

  1. Nutrisi Utama yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak Bayi

Air ASI  merupakan nutrisi utama bayi yang banyak mengandungan berbagi nutrisi yang baik untuk peertumbuhan otak bayi. Selain itu, air ASI  sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Itulah terkait info berbagai keuntungan cara memperbanyak asupan ASI. Berbagai info yang telah dijelaskan sangat penting untuk diketahui bunda untuk mencerdaskan bayi melalui air ASI sebagai asupan terbaik untuk bayi. Bunda tidak perlu khawatir tentang kesehatan bayi selama bayi masih rutin minum air ASI. Karena air ASI sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh bayi.