Inilah Cara Memperbanyak Asi Alami

Inilah Cara Memperbanyak Asi Alami : Seorang ibu pasti mulai mengkhawairkan produksi ASI nya setelah melahirkan dan mulai menyusui. Tak heran jika banyak dari mereka yang mencari Cara Memperbanyak Asi Alami. Setiap wanita pasti bertanya-tanya apakah dirinya dapat menghasilkan ASI dalam jumlah yang mencukupi agar dapat memenuhi kebutuhan nustrisi tubuh bayunya? Asalkan memiliki niat dan komitmen yang kuat, maka memberikan ASI eksklusif pada anak bukanlah menjadi hal yang sulit. Usia emas bayi diberikan ASI adalah 0 sampai dengan 6 bulan.

Saat itu, maka bunda harus berupaya agar payudara bisa menghasilkan ASI yang berkualitas dan banyak.  Agar Asi Banyak, ASI berbeda jauh dengan susu formula. Ada beberapa zat penting yang hanya bisa ditemukan di dalam ASI dan tidak ada di dalam susu formula. Atas dasar itulah mengapa ASI tidak bisa tergantikan. Agar ASI bisa lancar maka bunda harus memenuhi kebutuhan nutrisi melalui asupan makanan yang bergizi. Jika bunda mengkonsumsi makanan yang sehat, maka produksi ASI juga akan berlimpah sehingga bayi tidak akan kekurangan nutrisi dari ASI. Oleh karena itu, berikut ini adalah Cara Memperbanyak Asi Alami.

Cara Memperbanyak ASI Alami dengan Bahan-bahan Ini

  1. Jinten Hitam

Jinten mengandung zat besi yang cukup tinggi untuk memberikan stamina dan energi kepada ibu hamil pasca melahirkan. Tak hanya itu, ternyata biji jinten juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

  1. Biji wijen hitam

Biji wijen hitam kaya akan kalsium. Berdasarkan penelitian yang ada, kandungan kalsium tersebut dapat membantu bunda untuk meningkatkan jumlah produksi susu ibu.

  1. Kemangi

Cara Memperbanyak Asi Alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kemangi. Kemangi mengandung vitamin K yang tinggi. Dimana selain bisa meningkatkan produksi ASI, juga mampu memberikan efek rileks dan meningkatkan gerakan pada usus sehingga pencernaan semakin lancar. Cara mengkonsumsinya mudah, bunda bisa menjadikannya laapan , dikombinasikan dalam menu makanan, atau direbus.

  1. Daun katuk
  Cara Memperbanyak ASI dengan Cepat dan Tepat

Manfaat daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya daun ini memang sudah terbukti mampu melancarkan air susu ibu. Di dalam daun katuk, terdapat vitamin A, B1, C,protein,kalium, zat besi, sterol, fosfor, asam seskuiterna dan alkaloid.

  1. Fenugreek

Fenugrek adalah cara tradisional yang bisa dilakukan untuk melancarkan ASI. Hal ini sudah terbukti sejak zaman dulu dan diperkuat dengan adanya beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Para ahli tersebut menjelaskan bahwa apabila bunda menambahkan Fenugreek dalam menu diet, maka jumlah susu dalam payudara bunda akan semakin meningkat dalam waktu satu minggu. Hal ini dikarenakan fenugreek mengandung berbagai sumber nutrisi yang sangat tinggi seperti kalsium, mineral, zat besi dan vitamin.

  1. Labu

Selain bisa dimanfaatkan sebagai salah satu menu masakan, labu ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah susu pada payudara. Selain bergizi, labu juga baik untuk perncernaan.

  1. Sayuran berhijau

Cara Memperbanyak Asi Alamiselanjutnya adalah mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Hal ini dikarenakan sayuran berhijau kaya akan vitamin dan fitoestrogen yang bermanfaat untuk meningkatkan laktasi.

  1. Adas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh banyak ahli, biji adas ternyata sangat berkhasiat untuk meningkatkan suplai susu. Bahkan beberapa dokter menjelaskan bahwa biji adas dapat mencegah kolik bayi. Sekedar informasi, adas memiliki banyak sekali kandungan vitamin C.

  1. Sayuran berwarna merah

Selain sayuran hijau, sayuran berwarna merah juga sangat baik untuk meningkatkan jumlah susu bunda. Beberapa sayuran merah yang bisa dikonsumsi adalah bit, ubi jalar dan wortel. Bit mengandung senyawa beta karoten yang baik untuk bayi. Selain itu, ubi jalar dan bit juga meiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat menyehatkan hati bayi.

  1. Pare
  Cara Mengonsumsi Buah untuk Memperbanyak Air ASI

Meskipun pahit, pare memiliki kandungan likopen, anti oksidan, vitamin K, dan fitokimia lutein yang sangat bermanfaat untuk kelancaran asi, menurunkan kadar gula dalam darah, dan anti kanker.

Keunggulan Cara Memperbanyak ASI Alami

Bagaimana? Cara Memperbanyak Asi Alami dengan bahan-bahan di atas sangat mudah bukan? Selain bisa meningkatkan jumlah ASI pada payudara bunda, bahan alami tersebut juga dapat menyehatkan bunda sekaligus meningkatkan stamina setelah proses melahirkan. Apalagi saat masa-masa menyusui, bunda juga akan kehilangan banyak energi. Sehingga mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah suatu hal yang sangat penting.

Disamping itu, bunda harus menjalankan pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi air putih secara cukup, menghindari asap rokok dan polusi, sering olahraga, dan tidak stress. Memang, saat awal-awal masa menyusui bunda akan merasa kesakitan pada area puting. Tapi demi bayi yang sehat dan terpenuhi nutrisinya, bunda tidak boleh menyerah lalu menggantinya dengan aneka merk susu formula yang dijual di pasaran. Demikianlah informasi terkait Cara Memperbanyak Asi Alami. Semoga informasi ini menambah wawasan bunda.

1 thought on “Inilah Cara Memperbanyak Asi Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *